-->

AKTIVITAS BELAJAR

Pengertian Aktivitas Belajar

Aktivitas merupakan prinsip yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Aktivitas harus dilakukan oleh siswa sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar. Menurut Sardiman (2014) belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar jika tidak ada aktivitas.

Aktivitas belajar merupakan aktivitas yang bersifat fisik maupun dan juga bersifat mental. 
Berdasarkan pendapat Sardiman ini, dapat diartikan bahwa dalam kegiatan kedua aktivitas saling berhubungan atau harus selalu terkait untuk berlangsungnya aktivitas belajar yang optimal. 

Dengan kata lain, keterlibatan dan keberhasilan seseorang dalam aktivitas belajar yang optimal tidak hanya ditentukan oleh kemampuan kecerdasannya, tetapi juga harus melibatkan fisik dan mental secara bersama-sama dalam aktivitas belajar tersebut.

Menurut Slameto (2003) bagi sebagian orang aktivitas belajar sering dirasakan sebagai sesuatu yang membosankan, tidak menarik, bahkan pada beberapa siswa dinilai sebagai mencemaskan. Adanya perasaan cemas, takut, dan khawatir aka menghambat terjadinya proses berpikir dan daya ingat yang baik. 

Beberapa ahli menemukan kecemasan yang berlebihan dapat mengganggu bekerjanya kemampuan mental yang disebut working memory, sehingga informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan tidak mampu dikeluarkan dalam ingatan kita. 

Sehubungan dengan hal tersebut, guru berperan dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif sehingga siswa tidak mengalami ketegangan dalam aktivitas belajar sehingga terjalin suatu hubungan (kedekatan emosional) selama terjadinya aktivitas belajar.

Menurut beberapa ahli maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa merupakan segala bentuk kegiatan yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sekolah adalah salah satu pusat kegiatan belajar. 

Dengan demikian, di sekolah merupakan arena untuk mengembangkan aktivitas. Banyak jenis aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa di sekolah. Aktivitas siswa tidak cukup hanya mendengarkan dan mencatat seperti yang lazim terdapat di sekolah-sekolah tradisional. 

Paul B. Diedrich dalam Sardiman (2014) membuat suatu daftar yang berisi 177 macam kegiatan siswa yang antara lain digolongkan sebagai berikut:


  • Visual activities/ aktifitas visual  seperti (membaca buku, memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain)
  • Oral activities/ aktifitas lisan seperti (menyatakan, merumuskan, bertanya, member saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, music, pidato).
  • Listening activities/ aktifitas mendengarkan  seperti (mendengarkan uraian, mendengarkan percakapan, mendengarkan diskusi, mendengarkan music, dan mendengarkan pidato).
  • Writing activities/ aktifitas menulis seperti (menulis cerita, menulis karangan, menulis laporan, menulis angket, dan menyalin).
  • Drawing activities/ aktifitas menggambar misalnya (menggambar, membuat grafik, peta, diagram).
  • Motor activities, antara lain: (melakukan percobaan, membuat konstruksi, model mereparasi, bermain, berkebun, beternak).
  • Mental activities,  (menanggapi, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan, mengomentari).
  • Emotional activities, seperti, (menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, merasa berani, merasa tenang, merasa gugup, merasa panik, merasa takut, merasa gelisah, merasa tertekan,).

Jadi dengan klasifikasi aktivitas seperti diuraikan di atas, menunjukkan bahwa aktivitas di sekolah cukup kompleks dan bervariasi. Kalau berbagai macam kegiatan tersebut dapat diciptakan disekolah, tentu sekolah-sekolah akan lebih dinamis, tidak membosankan dan benar-benar menjadi pusat aktivitas belajar yang maksimal dan bahkan akan memeperlancarnya sebagai pusat dan transformasi kebudayaan. 

Tetapi sebaliknya ini semua merupakan tantangan yang menuntut jawaban dari para guru. Kreativitas guru mutlak diperlukan agar dapat merencanakan kegiatan siswa yang sangat bervariasi itu. (Sardiman, 2014: 97-101).




0 Response to "AKTIVITAS BELAJAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel